Kemeja Batik Tulis

Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri.Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai tediri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanahlumpur.

Seiring berjalannya waktu, Batik Pekalongan mengalami perkembangan pesat dibandingkan dengan daerah lain. Di daerah ini batik berkembang di sekitar daerah pantai, yaitu di daerah Pekalongan kota dan daerah Buaran, Pekajangan serta Wonopringgo.Perjumpaan masyarakat Pekalongan dengan berbagai bangsa seperti Cina, Belanda, Arab, India, Melayu dan Jepang pada zaman lampau telah mewarnai dinamika pada motif dan tata warna seni batik.

kt-15

Batik tulis dibuat dengan cara menuliskan motifnya secara manual menggunakan tangan. Pena untuk menggores berupa canting berisi malam. Oleh karena itu, motif-motif ini tidak pernah sama persis. Jangankan pada kain lain, pada lembaran yang sama pun tidak terdapat motif yang seragam. Ketidakseragaman ini justru membuat batik tulis memiliki ciri khas tersendiri dan dinilai sangat “manusiawi”.

Proses pembuatan batik tulis melalui rangkaian yang panjang. Semuanya dikerjakan tanpa mesin. Seorang perempuan pembatik akan duduk selama berjam-jam menggukir motif di atas kain. Hanya perempuan sabar yang dapat melakukannya. Pada proses pewarnaan, lagi-lagi dilakukan depan penuh ketekunan. Proses-proses pembuatan yang melibatkan hati dan seluruh makna filosofis ini tidak didapat pada proses pembuatan batik print.

Satu kain batik dapat digunakan untuk berbagai macam. Mulai dari menjadi sarung atau rok untuk acara khusus yang anggun. Untuk dibuatkan jadi baju dengan beragam desain, untuk diri sendiri, keluarga, teman. Bisa untuk hadiah. Untuk taplak meja, acara spesial. Beberapa kain sederhana juga bisa dijadikan pembungkus barang. Bahkan bisa dijadikan investasi, mengingat kain batik yang langka harganya menjadi mahal.

advertisement
Kemeja Batik Tulis | admin | 4.5